SMA NEGERI 3 POLEWALI | SUL BAR

JL. KH. AGUSSALIM, KEC. POLEWALI, KAB. POLMAN, KODE POS 91315 TELP. 0428-22031, e-Mail : sman3polewali@gmail.com

AKREDITASI A

SMAN 3 POLEWALI JUARA 1 LOMBA TOMALOLO ANNA TOMAKAPPA POLEWALI MANDAR

Senin, 16 Desember 2019 ~ Oleh Admin ~ Dilihat 1911 Kali

Polewali – Prestasi gemilang berhasil diraih SMA Negeri 3 Polewali dalam ajang bergengsi Tomalolo anna Tomakappa yang digelar Pemda Kab. Polewali Mandar, dengan keluar sebagai juara 1 Tomalolo dan juara 1 Tomakappa Tahun 2019. Pemilihan Tomalolo anna Tomakappa tersebut merupakan salah satu rangkaian kegiatan Festival Budaya Kab. Polewali Mandar yang ke XV.

Juara 1 Tomalolo berhasil diraih Nurfadilah Arifin siswi kelas XII IPA 1 dan juara 1 Tomakappa berhasil diraih Riswan Siswa kelas XI IPA 2.

Alamsyah, selaku pembimbing dan pendamping mengatakan, pihaknya selama ini telah bekerja cukup keras hingga dapat meraih prestasi yang sangat bergengsi di tanah Mandar tersebut. Ia menyebutkan, mulai dari seleksi di sekolah hingga pembimbingan secara intensif terus dilakukan secara maksimal. Ia juga mensyukuri karena siswa-siswi yang dipilih merupakan siswa-siswi berprestasi di sekolah. “Kita syukuri karena anak-anak kita memang rata-rata berprestasi sehingga tidak sulit dalam membimbing mereka mulai dari berkomunikasi hingga berpenampilan baik di luar maupun di atas catwalk,” ujarnya.

Ia menjelaskan, dari 117 peserta yang mendaftar hanya 25 peserta yang dipilih untuk melaju ke tahap tes wawancara. Dimana sebelumnya ke 25 peserta yang telah dipilih tersebut telah diseleksi melalui uji berkas dan pengukuran tinggi badan. “Alhamdulillah 8 peserta dari SMAN 3 Polewali semua lolos ditahap itu,” tandasnya.

Setelah melalui proses seleksi uji berkas dan pengukuran tinggi badan, selanjutnya para kandidat mendapat pembekalan dan materi dari narasumber.

Malam Grand Final pemilihan Tomalolo anna Tomakappa yang digelar di Gedung Gabungan Dinas (Gadis) pada Minggu, 15 Desemeber 2019, menjadi malam puncak penilaian untuk pemilihan Tomalolo ann Tomakappa. Dimana yang menjadi kriteria penilaian utama adalah 3 B yakni behavier, beauty, dan brain. Selain itu, sikap, tata krama, sopan santun, dan cara berkomunikasi juga menjadi penilaian utama.

Dari 25 kandidat di malam grand final dipilih 10 besar hingga 5 besar. Yang unik yakni dibabak penentuan juara, kelima kandidat diberikan pertanyaan yang sama tentang wawasan kebangsaan, yakni pendapat mereka tentang prinsip “NKRI harga mati”. “pertanyaan mampu dijawab dengan baik oleh nanda Riswan, Nurfadilah Arifin, dan Maycela Apriany. Dijawab dengan berbahasa Inggris,” tambahnya.

Dari 8 kandidat tersebut, kata dia, hanya 1 orang tidak berhasil masuk ke babak grand final. Sementara 5 kandidat lainnya berhasil meraih semua kategori dalam lomba tersebut. Selain juara 1 Tomalolo anna Tomakappa, SMA Negeri 3 Polewali juga berhasil membawa pulang 3 gelar juara lainnya, yakni Juara Runner Up 2 atas nama Maycela Apriany siswi kelas XII IPA 1, juara Berbakat putri Glensi Ningrat siswa kelas XI IPA 2, dan juara terfavorit putri atas nama Nurwana siswi kelas XI IPS 2. “Malam pemilihan Tomalolo anna Tomakappa, SMA Negeri 3 Polewali mendominasi hampir semua juara,” tutup Alamsyah.

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT